Jumat, 17 Mei 2019

Filsafat Terakhir

 Setelah selesai menulis 'Garudaku Tangguh', saya mulai mengumpulkan bahan untuk 'Filsafat Terakhir'. Sumber paling banyak tentu dari kuliah S2 filsafat di ICAS-Paramadina. Kampus itu memang top. Semester martikulasi kami diajarkan ilmu mantik, filsafat islam tematik, tasawuf tematik, bahasa arab, bahasa inggris.



 Ilmu mantik adalah bekal utama belajar apapun, khususnya belajar filsafat. Kami juga diajarkan tasawuf intuk mengetahui posisinya dalam wacana pemikiran islam dan relasonya dengan filsafat islam. Ilmu matik saya dapat C. Waktu S1, saya juga dapat C untuk matakuliah yang sama.

 Semester pertama kami diajari filsafat Ibn Sina. Juga diajarkan filsafat barat klasik, yakni sejak thales hingga thomas aquinas.


  Semester dua kami belajar filsafat suhrawardi. Diajarkan pula filsafat barat modern dari machiavelli, descartes hingga nietzsche.






 emester ketiga belajar filsafat mulka sadra. Diajarkan  pula hermeunetika dan postmodernisme. Semua poin penting pelajaran yang diberikan dosen saya catat di buku tulis.












Selanjutnya saya telaah kembali dengan merujuk referensi relevan dan otoritatif. Setiap pelajaran saya tulis. Selanjutnya terus menerus saya lakukan hingga akhirnya jadilah buku filsafat terakhir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar