Sabtu, 16 Februari 2019

Asal Usul Kota Langsa

Kota Langsa asal katanya adalah dari sejarah kelahiran negeri itu. Alkisah, ketika sekelompok orang membuka pemukiman di kawasan Gampong Teungoh, dekat titi kembar sekarang, ada elang besar yang terus terbang mengelilingi orang2 dengan bersuara nyaring seolah ingin menyampaikan sesuatu. Maka pemukiman itu diberi nama Elang Besar yang perlan berubah menjadi Langsar.



Versi kedua, alkisah, Kerajaan Elang di Tamiang melakukan ekspansi ke Langsa yang menjadi bagian wilayah Kerajaan Angsa untuk memperoleh ikan yang sangat banyak di wilayah Kuala. Perang panjang terjadi sehingga tercapai kesepakatan, sebagai berikiut, dalam satu minggu, tiga hari untuk Kerajaan Elang dan empat hari untuk Kerajaan Angsa. Sehingga daerah ini menjadi milik dua kerajaan yakni Elang dan Angsa sehingga dinamakanlah LangSa daerah ini yakni Elang dan Angsa.

However, versi manapun, sejarang Kota Langsa selalu merujuk pada elang. Maka itulah, elang menjadi ikon Kota Langsa.

Hebatnya, di depan pehdopo wali kota, ada dua batang pohon sangat besar. Di puncak kedua pohon itu masing2 ada sarang elang. Kalau mengamati, sekali kali kita dapat melihat elang besar terbang dari dan menuju dua pohon besar itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar